Ragam Manfaat Brokoli Yang Wajib Kamu Ketahui

Brokoli, atau nama ilmiahnya disebut Brassica oleracia ini adalah anggota keluarga sayuran cruciferous, yang juga termasuk arugula, kol, dan kembang kol. Sayuran ini dikenal sebagai pembangkit tenaga listrik bila menyangkut nilai gizi. Kandungan kalori sangat rendah, namun memiliki kandungan vitamin, fitokimia, dan mineral dalam jumlah sangat banyak.

Ragam Manfaat Brokoli Yang Wajib Kamu Ketahui

Dari seratus gram, brokoli memiliki 34 kalori. Selain rendah kalori, brokoli juga dikenal karena memiliki lemak yang sangat rendah. Menambahkan ke fitur superfood adalah kekayaan serat makanan sebesar 7% yang direkomendasikan tunjangan harian (RDA). Tingkat serat makanan dalam brokoli menjadikannya pilihan makanan ringan atau sayuran yang sempurna saat mencoba menumpahkan beberapa kilogram.

Selain dari tingkat serat makanan yang mengesankan, brokoli adalah sumber vitamin C yang sangat baik, nutrisi penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Brokoli memiliki 149% RDA vitamin C, vitamin yang larut dalam air yang tumbuh dan berkembang lebih lanjut. Ini juga merupakan nutrisi penting yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan berfungsi sebagai antioksidan alami.

Brokoli juga dikemas dengan jumlah vitamin A yang cukup baik sebesar 21% dari RDA. Vitamin A penting untuk menjaga penglihatan sehat serta sel-sel di saluran usus dan kulit. Ini juga tinggi vitamin K dengan 85% RDA. Vitamin K membantu mengangkut kalsium untuk pembentukan tulang yang tepat dan bahkan pembekuan darah.

Sayuran ini juga dilengkapi dengan persediaan vitamin B kompleks antara lain thiamine (6% RDA), riboflavin (RDA 9%), niasin (RDA 4%), asam pantotenat (RDA 12%), dan piridoksin (RDA 13%).

Jumlah folat yang baik juga ditemukan pada brokoli. Folat sangat penting untuk mendukung sistem saraf dan kardiovaskular serta otak. Brokoli memiliki 14% RDA folat per 100 gram.

Brokoli bukanlah makanan super tanpa sejumlah mineral penting ditemukan di dalamnya. Ini memiliki 9% RDA dari besi dan mangan . Besi memainkan peran penting dalam produksi hemoglobin dan mioglobin, yaitu jenis protein yang diperlukan untuk mengangkut oksigen ke seluruh bagian tubuh termasuk otot.

Tidak hanya dilengkapi dengan banyak nutrisi, Brokoli juga adalah sayuran serbaguna yang bisa Anda konsumsi mentah atau dimasak baik sendiri atau sebagai ramuan.

Manfaat Kesehatan Brokoli


Seperti yang kami bahas, Brokoli adalah salah satu sayuran paling terkenal yang kaya akan vitamin dan mineral. Mengkonsumsi brokoli secara teratur bisa membawa banyak manfaat bagi kesehatan kita secara keseluruhan. Pakar kesehatan mengatakan bahwa brokoli mengandung hampir semua nutrisi yang dikombinasikan dengan kombinasi buah dan sayuran lainnya.

Brokoli dikenal sangat bergizi karena jumlah kalsium, serat, asam folat, dan vitamin A dan C yang cukup besar. Penelitian dan penelitian terbaru menyimpulkan bahwa brokoli merupakan salah satu faktor utama pencegahan dan pengobatan kanker. Selain mengurangi risiko pengembangan tumor kanker, brokoli juga memiliki manfaat kesehatan lain yang sangat signifikan. Untuk membantu Anda memahami lebih baik tentang apa yang brokoli dapat lakukan dengan positif pada tubuh Anda.

Menjaga Berat Badan


Pertama dan terutama, brokoli mengandung kalori dalam jumlah sangat rendah. Untuk 100g itu hanya memiliki 34 kalori. Mengetahui hal ini membenarkan mengapa sayuran ini selalu direkomendasikan oleh ahli gizi dalam rencana diet sehari-hari.

Selain itu, brokoli juga mengandung antioksidan, serat makanan, dan lebih banyak vitamin dan mineral. Seperti yang diukur oleh ORAC atau kapasitas absorbans radikal oksigen, antioksidan yang dikandungnya sangat maksimal 1623 TE per 100 gram. Antioksidan memainkan peran penting dalam tubuh kita karena merupakan penghambat utama kolesterol jahat.

Meningkatkan Pencernaan


Karena brokoli adalah sumber serat yang sangat baik, makan seperti memperbaiki pencernaan. Serat memungkinkan makanan yang kita makan untuk benar-benar beralih ke proses pencernaan berikutnya. Buah ini sangat populer dalam membersihkan saluran pencernaan agar kita mencerna makanan yang kita asupan dengan cara yang benar.

Mencegah Kanker


Kandungan glukoraphanin dari Brokoli mengembangkan zat anti kanker yang disebut sulforaphane. Sulforaphane memerangi bakteri berbahaya yang sangat menghasilkan perkembangan sel kanker dalam tubuh. Selain itu, brokoli memiliki anti karsinogen yang sebenarnya merupakan antioksidan yang sangat efektif dan ampuh yang mencegah pertumbuhan kanker serviks, payudara, dan prostat. Anti karsinogen juga baik untuk hati. Ini mempromosikan fungsi yang tepat.

Detoksifikasi Tubuh


Brokoli adalah sumber serat larut yang kaya. Serat menghilangkan kolesterol jahat di dalam tubuh melalui pencernaan dan buang air besar yang tepat. Protein ini juga tinggi dan membantu menjaga kadar gula normal. Selain itu, brokoli memiliki antioksidan yang membersihkan kontaminan yang tidak diinginkan di tubuh.

Dengan sifat detoksifikasi, Anda dapat memastikan bahwa sistem Anda berfungsi dengan benar untuk mencapai kesehatan optimal secara keseluruhan. Sayuran ini memiliki glucoraphanin, glucobrassicin, dan gluconasturtiin yang mempromosikan proses detoksifikasi dalam tubuh.

Sifat anti-inflamasi mengurangi reaksi alergi


Salah satu senyawa yang sangat penting yang bisa ditemukan pada brokoli adalah kaempferol. Kaempferol adalah salah satu nutrisi phyto yang paling efektif yang mencegah peradangan. Senyawa ini terbukti secara material mengurangi efek zat dalam tubuh yang menyebabkan alergi. Padahal, brokoli juga memiliki salah satu antiinflamasi yang paling umum disebut asam lemak omega 3.

Tulang yang lebih kuat


Kandungan kalsium dan vitamin K Brokoli meningkatkan dan mempertahankan kondisi kesehatan tulang. Mineral ini membantu mencegah osteoporosis dan jenis gangguan terkait tulang lainnya.

Mengurangi tingkat keasaman tubuh


Brokoli memiliki kemampuan untuk alkalize tubuh. Hampir semua sayuran memiliki kekuatan untuk mengurangi tingkat keasaman tubuh. Inilah sebabnya mengapa pentingnya makan sayuran selalu ditekankan tidak hanya oleh orang tua kita tapi juga di sekolah dan sarana pendidikan lainnya.

Kulit lebih sehat


Mengkonsumsi brokoli secara teratur mengurangi risiko kerusakan kulit. Jika Anda menerapkannya langsung ke kulit Anda, Anda akan segera melihat efek yang diinginkannya. Penelitian membuktikan bahwa ekstrak brokoli dapat meningkatkan kulit yang lebih sehat dan tampak muda karena kemampuannya untuk melawan efek radiasi UV.

Alkalizes Tubuh


Brokoli mengurangi tingkat keasaman tubuh. Mengatur tingkat keasaman tubuh dapat menyebabkan banyak keuntungan kesehatan. Ini mengurangi gangguan pencernaan dan meningkatkan kondisi kesehatan secara keseluruhan.

Tips Memilih Brokoli Yang Sehat


Adalah penting bahwa manfaat makan brokoli tidak terbengkalai. Dalam membeli brokoli, pastikan Anda memilih yang paling segar untuk keuntungan kesehatan Anda. Brokoli segar memiliki warna cerah dan tekstur kepala bunga yang dipadatkan dengan kuat.

Jangan membeli yang menunjukkan tanda-tanda kematangan abnormal. Jika Anda ingin menuai lebih banyak manfaat kesehatan, carilah brokoli organik. Memilih brokoli organik akan memberi Anda kepastian bahwa apa yang Anda makan bebas dari bahan kimia berbahaya seperti residu pestisida dan sejenisnya.

Pastikan juga Anda mencuci dengan benar sebelum memasak. Dalam memasak sayuran ini, pastikan bahwa Anda tidak cenderung terlalu matang. Sebenarnya Anda mendapatkan lebih banyak nutrisi darinya jika dimakan mentah. Anda bisa memasukkannya ke dalam salad Anda atau Anda bisa mengukusnya hanya dalam beberapa menit.


Post a Comment

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post