Berbagai Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan

Berbagai Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan

Sehatbeja - Daun pandan merupakan salah satu jenis tanaman yang sering kita jumpai sebagai bahan masakan. Dengan wanginya yang khas, Daun ini biasanya dijadikan sebagai pewangi makanan alami pada olahan makanan seperti olahan kue, bubur, minuman serta yang lain sebagainya.

Selain karena dikebal karena wanginya yang khas, daun pandan Ternyata memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Seperti kandungan alkanoid, tannin serta glikosida yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Berikut ini adalah brberapa manfaat kesehatan pada daun pandan:


Penyegar nafas

Kita biasanya menggunakan daun mint untuk menyegarkan nafas, namun daun pandan juga bisa digunakan. Karena wanginya, daun pandan dapat segera membantu mengurangi bau nafas. Manfaat lainnya adalah untuk mengurangi bengkak dan pendarahan pada gusi.

Meningkatkan selera makan

Ketika sakit, rata-rata orang kerap kehilangan selera makannya. Padahal, makanan yang bergizi itu perlu untuk membantu pemulihan.
Buatlah teh atau jus dari daun pandan. Dengan rutin meminum teh atau jus daun pandan, maka selera makan pun akan bertambah.

Penambah tenaga

Tak hanya bisa menambah nafsu makan, pandan juga bisa dijadikan sebagai makanan penambah tenaga. Pandan juga sangat bermanfaat bagi pemulihan tenaga wanita yang baru saja melahirkan.

Menghentikan kram di daerah perut

Jus daun pandan dapat dijadikan sebagai obat untuk mengatasi kram di daerah perut. selain itu, bisa juga dipakai sebagai minuman setelah mengonsumsi makanan yang membuat kembung.

Penurun demam

Pandan dipercaya dapat digunakan untuk menurunkan suhu tubuh dan juga melegakan sakit dada yang disebabkan oleh batuk. Tak heran, Tabib di Asia Tenggara kerap menganjurkan untuk meminum teh atau jus daun pandan pada pasiennya yang sedang demam.

Melegakan rematik

Bagi Anda yang memiliki penyakit rematik, Daun pandan bisa dijadikan bahan untuk mengurangi rasa sakit pada otot dan persendian yang meradang karena rematik. Sebagai tips, oleskan minyak kelapa pada daun pandan terlebih dahulu sebelum ditempelkan pada daerah yang sakit.

Menetralkan racun di tubuh

Minuman teh atau jus daun pandan berguna untuk menetralkan zat beracun yang menumpuk didalam tubuh. Serta menghambat aksi karsinogen yang merupakan salah satu zat pemicu pembentukan sel kanker.

Post a Comment

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post